A. Cara membuat email
1. Langkah pertama ini tentunya membuka browser kamu dulu ya (misalnya IE atau internet explorer, Mozila Fireox, Google Chrome, atau opera, )… kemudian masukkan alamat situsnya yaituwww.mail.yahoo.com pada kolom alamat atau address bar,

Beberapa sesaat kemudian akan muncul halaman yahoo mail, pastikan halamannya seperti gambar di bawah ini

2. Perhatikan pada halaman sebelah kanan, jika nanti kamu sudah terdaftar dan ingin membuka email, maka masukkan id yahoo dan password kamu, lalu klik Sign in.
Tapi karena kamu belum mendaftar, dan belum mempunyai Id yahoo dan paswordnya, jadi silahkan klik saja tombol Sign Up yang berada pada bagian bawahnya tombol sign in, terkadang juga berada di bagian atas, pokoknya cari saja yang bertuliskan Sign Up atau Daftar , jika tidak ada tombol Sign up bisa juga menggunakan tombol Create New Account. Tombol Sign up dan Create new Account sama fungsinya yaitu untuk membuat akun yahoo atau mendaftar di yahoo.com. Perhatikan gambar di bawah ini


3. Setelah kamu klik Sign Up atau Create New Account, akan muncul halaman berisi formulir pendaftaran pada email yahoo seperti pada gambar di bawah ini. (Perhatian : untuk gambar di bawah ini merupakan tampilan antar muka lama, jika kamu menemui tampilan antar muka baru silahkan lihat gambar antar muka yang baru di bawahnya).
Tampilan antar muka lama formulir pembuatan email yahoo
Jika sudah tampil seperti halaman di atas, silahkan masukkan data-data identitas diri kamu susuai kolom yang telah disediakan. Jika kamu bingung perhatikan contoh pengisiannya di bawah ini. Mohon di perhatikan, gambar di bawah ini hanya contoh, jika nama kamu bukan Martono ya jangan diisi martono
B. Jenis E-mail
JENIS
- JENIS EMAIL
I. Dari Mekanismenya
Dalam perkembangannya, email ternyata tidak hanya
seperti yang dideskripsikan pada bagian I. Lebih detil, dari mekanisme
pengiriman dan penerimaannya terdapat beberapa jenis sebagai berikut :
1. POP Email
POP singkatan dari Post Office Protocol. Jalan yang
dilalui sebuah email mirip dengan yang dialami oleh sebuah snail mail, yang
mesti melewati beberapa kantor pos perantara sebelum akhirnya sampai ke tujuan.
Akan halnya dengan email, sebuah email akan melewati beberapa komputer yang
berperan sebagai router atau email server, sebelum akhirnya tiba pada email
server yang ada pada ISP di mana alamat email kita terdaftar.
2. Web-based
Email / email gratisWeb-based Email, atau email
berbasis web dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan jasa email kepada
orang yang memiliki akses internet, tetapi tidak memiliki account email
sendiri, atau yang dimiliki bukan akses ke email server, tapi ke sebuah web
server.
Jadi, orang yang akan mengirimkan email pertama-tama harus mengikuti prosedur
untuk membuat sebuah account email yang pada umumnya disediakan secara gratis.
Setelah selesai kita akan memiliki sebuah account email dengan user name yang
telah kita tentukan dan domain name yang sudah ditetapkan oleh si pemberi jasa email
gratis ini, termasuk dengan password.
Bila kita akan menulis sebuah email, email tersebut tidak ditulis pada email
client yang konvensional tapi pada sebuah kolom / halaman khusus yang
disediakan untuk itu. Pada kolom / halaman tersebut sudah lengkap tersedua
bagian-bagian yang bisa diklik, untuk mengirimkan, menyimpan, dan sebagainya.
Bila kita akan mengecek apakah ada email yang ditujukan untuk kita maka kita
akan harus masuk ke bagian inbox yang tentu disediakan di halaman tertentu di
website yang memberikan jasa email semacam ini.
Sekali lagi, semuanya tidak menggunakan email client, tapi fasilitas yang
dibuat khusus pada sebuah website. Contoh untuk ini banyak sekali, seperti
hotmail.com, yahoo.com, gmail.com, dll.
3. Email Forwarder
Email Forwarder adalah sebuah fasilitas yang dulu
banyak tersedia secara gratis, tapi kini sudah banyak yang komersial, dalam
arti menuntut kita untuk membayar sejumlah uang tertentu.
Pengertian email forwarder adalah sebuah cara untuk membuat alias dari alamat
email kita yang sebenarnya. Sebagai contoh, alamat email saya yang sebenarnya
adalah, akan tetapi saya masih bisa menerima email dari manapun juga yang
dialamatkan kepada inbox untuk alamat email saya yang asli. Dalam hal ini
adalah sebuah email forwarder, karena semua email yang ditujukan kepada alamat
itu akan diteruskan lagi ke alamat yang sebenarnya
Orang menggunakan email forwarder dengan berbagai macam alasan. Mungkin alamat
email yang sebenarnya dirasakan terlalu jelas menunjukkan identitas seseorang,
seperti ISP yang digunakan, atau negara asal pengirim. Alasan lain boleh jadi
adalah bila seseorang ingin anonim dalam sebuah forum diskusi tertentu, atau
mungkin menggunakan sebuah email forwarder dan dengan identitas yang sama
sekali lain. Ada pula yang menggunakan email forwarder untuk menghindari
kemungkinan menerima spamming.
II. Dari Segi Format Isi
Pengertian format isi di sini adalah bagaimana
penampakan visual sebuah pesan email. Ada dua macam yaitu :
1. Plain Text
Dengan plain text, dimaksudkan bahwa tulisan yang
kita ketikkan hanya berupa data dalam format ASCII (American Standard Code for
Information Interchange). Tulisan yang disajikan dalam format plain text sama
sekali tidak memungkinkan kita untuk membuat modifikasi pada tampilan
visualnya, seperti membuat tebal, atau membuat miring sebuah teks, mengganti
warna, ukuran huruf, latar belakang, atau membubuhkan hiasan-hiasan tertentu.
2. HTML
HTML singkatan dari HyperText Mark-up Language,
yaitu sebuah bahasa standard yang digunakan untuk menampilkan / mengatur
penampilan materi-materi informasi di internet. Email yang ditulis dengan
menggunakan format HTML akan memungkinkan isinya disusun secara variatif, mulai
dari pengaturan huruf, warna, lay out, sampai peletakan gambar.
Seringkali bila kita mengirim email ke sebuah forum diskusi / milis ada
himbauan untuk hanya mengirimkan email dalam format plain text saja. Hal ini
disebabkan biasanya email dalam format HTML memiliki ukuran yang lebih besar
dari yang berformat plain text. Alasan lain adalah karena tidak semua orang
dalam sebuah milis menggunakan email client yang bisa menampilkan HTML,
sehingga ketika sebuah email HTML dibuka, isinya hanya serangkaian kode-kode
yang tidak bisa dipahami sama sekali. Sebenarnya hampir semua email client
dewasa ini sudah mendukung format HTML, sehingga kini jarang ditemui keluhan
seseorang yang tidak bisa membaca sebuah email, hanya karena email yang
dibacanya itu dibuat dalam format HTML. Banyak orang yang memang tidak peduli
apakah plain text atau HTML, tapi pertanyaannya ; bila dengan format yang
sederhana saja sudah bisa menyampaikan pesan, mengapa mesti dengan HTML.
C. Cara cek , mengirim dan membalas e-mail
Cara mengakses/membuka account gmail kamu
1.Pada URL web browser ketik gmail (tekan ctrl+enter) [ ini trik cara cepat buka situs dengan extention .com]
2.Masukkan account gmail anda (boleh hanya nama atau lengkap nama.anda@gmail.com) masukkan password nya
Tips : jika computer yang anda pakai adalah milik pribadi maka anda bisa member tanda cek listuntuk menyimpan password anda secara otomatis,setiap kali kamu mebuka gmail, tidak perlu mengetikkan password.Tapi jika anda membuka email di tempat umum/warnet, jangan sekali-kali mencek tanda ini, karena orang lain bisa membuka email anda, karena browser menyimpan password anda.
3.Tekan tombol sign in.
Cara mengirim mail/surat
Setelah kamu masuk ke account gmail, kamu bisa mengirim mail surat ke teman/rekan kamu, caranya
1.Pada halaman email klik Compose mail di sebelah kiri atas, Masukkan alamat email tujuan kamu, jika lebih dari satu maka dapat dipisahkan dengan tanda , (koma). Contoh : kawan1@gmail.com , teman2@yahoo.co.id, boss@hotmail.com .
Tips : kamu bisa sekaligus mengirimkan cc (copy carbon) ke alamat email yang lain atau bcc (black copy carbon) [ bcc : penerima email utama tidak mengetahui bahwa anda mengirim email ke alamat yang di bcc]
2.Tulis subject judul mail anda, kemudian tulis pesan yang akan kamu sampaikan.
3.Jika kamu akan melampirkan file lainnya (seperti file gambar,docukumen lain) klik attach a file, dibawah kotak judul atas.
4.Setelah pesan dan lampiran selesai tekan tombol send. ( Tips : jika kamu belum selesai menulis, kamu bisa menyimpan dahulu sebelum terkirim : tekan save,maka mail kamu tersimpan di draft, dan bisa kamu edit kembali di lain waktu. jika kamu tidak jadi / salah menulis mail bisa kamu hapus , tekan discard)
5.Tunggu berapa saat, jika keluar pemberitahuan mail anda telah terkirim, berarti anda telah berhasil mengirimkan email. Bisa anda cek di bagian send
Cara membalas dan meneruskan mail yang anda terima
1.Lihat mail yang anda terima di inbox, klik mail tsb untuk membukanya,setelah anda baca, jika anda akan membalas maka ketik balas
2.Jika anda hanya ingin meneruskan mail tersebut ke teman anda ketik forward dan masukkan alamat email tujuan. Tips : jika email yang kamu terima ada lampiran (attachment) dan kamu ingin memforward email tanpa lampiran, kamu bisa menghilangkan tanda (V) checklist pada file attachment.
D. Istilah-istilah E-mail
Berikut ini
istilah-istilah yang berhubungan dengan Email
Attachment
file yaitu file yang disertakan atau dilampirkan ketika mengirim email.
Spam yaitu email
yang tak diinginkan oleh si penerima yang dikirim oleh orang yang tidak kita
kenal (biasanya berbau komersil, kadang juga politis).
Bounce (pentalan,
mental) yaitu pesan yang dikembalikan kepada pengirim, baik karena alamat email
penerima tidak benar atau karena sedang ada masalah konfigurasi di sisi
penerima.
Bot yaitu software
tertentu yang bertindak mewakili orang (dari kata roBOT).
Mailbot yaitu
software tertentu yang membalas email secara otomatis.
Listbot yaitu
software tertentu yang mengendalikan distribution list atau mailing list.
Listserver sama
dengan listbot.
Subscribe yaitu
mendaftarkan email kita sebagai peserta mailing list atau newsgroup.
Unsubscribe yaitu
memutuskan hubungan dengan sebuah mailing list atau newsgroup.
Post yaitu
mengirim email ke mailing list atau newsgroup.
Flame yaitu pesan
kasar atau tidak sopan.
Bomb-mail yaitu pengiriman
email dalam jumlah yang amat sangat besar/banyak secara sekaligus (biasanya
menggunakan program khusus). Dalam dunia internet, perbuatan ini merupakan
suatu kejahatan.
Compose sama
fungsinya dengan New Mail atau Send yaitu untuk mengirim
sebuah mail baru.
E. Etika Penulisan E-mail
1. Gunakan salam pembuka
Contoh : Selamat Pagi/Dear/Yth.Bapak/Ibu
2. Pergunakan kalimat dengan jelas & singkat, jangan bertele-tele
Contoh : Mohon di baca kembali Kontrak Lead Time Pengiriman
dari Bogor s.d Soroako
3. Jangan menggunakan huruf BESAR di seluruh kalimat
Penggunaan huruf besar di seluruh kalimat menimbulkan persepsi, bahwa Anda
sedang marah-marah
4. Jangan menggunakan tanda baca yang berlebihan
Contoh : Mohon bantu action segera!!!! jika ada permintaan request delivery
urgent dari kami ya pak,,, ? Penggunaan tanda baca berlebihan, menimbulkan
persepsi yang negatif
5. Jangan menggunakan kalimat yang kurang lazim
Contoh : Jika pengiriman ini gatot, bisa jadi selanjutnya kt pake
expedisi eksternal ajah lho yo pak? Penggunaan kalimat / kata-kata yang kurang
lazim, menunjukkan Anda kurang professional
6. Penggunaan warna huruf
Warna huruf sebaiknya berwarna gelap seperti : hitam dan biru tua
Pemilihan jenis huruf
Jenis huruf yang lazim digunakan di dunia professional, seperti : arial, arial
narrow, trebuchet, callibri, dll
8. Dahulukan nama customer sebelum kolega internal pada kolom To atau Cc
9. Jika meminta bantuan, pergunakan kata-kata Mohon bantuannya
10. Bacalah benar-benar e-mail yang Anda terima
Bacalah benar-benar e-mail yang Anda terima, karena seringkali menimbulkan
beragam persepsi
11. Ucapkan Terima kasih di akhir kalimat
12.Jangan terlalu banyak mengutip
13.Perlakukan email secara pribadi
14.Jangan gunakan huruf kapital
15.Jangan membicarakan orang lain
16.Jangan gunakan cc
17.Jangan gunakan format HTML
18.Jawablah secara masuk akal
F. Mailing List
Pengertian Mailing List
Pengertian Mailing List - Mailing List adalah/ Mailing List yaitu/ Mailing List merupakan/
arti Mailing List/ Definisi Mailing List
Mailing List juga sering disebut dengan milis, yaitu fasilitas untuk
berdiskusi secara elektronik yang dilakukan sekelompok orang dengan menggunakan
fasilitas e-mail (Pengelompokan alamat
e-meil). Lebih jelasnya seperti ini: setiap pesan yang dikirimkan ke alamat
sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh
anggotanya.Pengelompokan alamat e-mail maksudnya apabila suatu surat
dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya
kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut,
dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa
orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga
dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima
atau cukup diterima sekaligus (digest).
Pada
setiap mailing list setidaknya
mempunyai satu orang bertindak sebagai moderator mailing list. Jumlah moderator
ini bisa juga lebih dari satu orang. Jika seorang ingin bergabung dengan sebuah
mailing list maka dia cukup mengirim email. Moderator tugasnya yaitu untuk
mengontrol masuknya anggota baru dan memilah jika dalam diskusi ada diskusi
yang tidak nyambung atau cenderung merugikan group mailing list
contoh
mailinglist yang cukup terkenal yaitu: mailing list yang berada di
groups.yahoo.com.
Berikut Link nya , download

I. Dari Mekanismenya
Jadi, orang yang akan mengirimkan email pertama-tama harus mengikuti prosedur untuk membuat sebuah account email yang pada umumnya disediakan secara gratis. Setelah selesai kita akan memiliki sebuah account email dengan user name yang telah kita tentukan dan domain name yang sudah ditetapkan oleh si pemberi jasa email gratis ini, termasuk dengan password.
Bila kita akan menulis sebuah email, email tersebut tidak ditulis pada email client yang konvensional tapi pada sebuah kolom / halaman khusus yang disediakan untuk itu. Pada kolom / halaman tersebut sudah lengkap tersedua bagian-bagian yang bisa diklik, untuk mengirimkan, menyimpan, dan sebagainya.
Bila kita akan mengecek apakah ada email yang ditujukan untuk kita maka kita akan harus masuk ke bagian inbox yang tentu disediakan di halaman tertentu di website yang memberikan jasa email semacam ini.
Sekali lagi, semuanya tidak menggunakan email client, tapi fasilitas yang dibuat khusus pada sebuah website. Contoh untuk ini banyak sekali, seperti hotmail.com, yahoo.com, gmail.com, dll.
3. Email Forwarder
Pengertian email forwarder adalah sebuah cara untuk membuat alias dari alamat email kita yang sebenarnya. Sebagai contoh, alamat email saya yang sebenarnya adalah, akan tetapi saya masih bisa menerima email dari manapun juga yang dialamatkan kepada inbox untuk alamat email saya yang asli. Dalam hal ini adalah sebuah email forwarder, karena semua email yang ditujukan kepada alamat itu akan diteruskan lagi ke alamat yang sebenarnya
Orang menggunakan email forwarder dengan berbagai macam alasan. Mungkin alamat email yang sebenarnya dirasakan terlalu jelas menunjukkan identitas seseorang, seperti ISP yang digunakan, atau negara asal pengirim. Alasan lain boleh jadi adalah bila seseorang ingin anonim dalam sebuah forum diskusi tertentu, atau mungkin menggunakan sebuah email forwarder dan dengan identitas yang sama sekali lain. Ada pula yang menggunakan email forwarder untuk menghindari kemungkinan menerima spamming.
II. Dari Segi Format Isi
1. Plain Text
Seringkali bila kita mengirim email ke sebuah forum diskusi / milis ada himbauan untuk hanya mengirimkan email dalam format plain text saja. Hal ini disebabkan biasanya email dalam format HTML memiliki ukuran yang lebih besar dari yang berformat plain text. Alasan lain adalah karena tidak semua orang dalam sebuah milis menggunakan email client yang bisa menampilkan HTML, sehingga ketika sebuah email HTML dibuka, isinya hanya serangkaian kode-kode yang tidak bisa dipahami sama sekali. Sebenarnya hampir semua email client dewasa ini sudah mendukung format HTML, sehingga kini jarang ditemui keluhan seseorang yang tidak bisa membaca sebuah email, hanya karena email yang dibacanya itu dibuat dalam format HTML. Banyak orang yang memang tidak peduli apakah plain text atau HTML, tapi pertanyaannya ; bila dengan format yang sederhana saja sudah bisa menyampaikan pesan, mengapa mesti dengan HTML.
1.Pada URL web browser ketik gmail (tekan ctrl+enter) [ ini trik cara cepat buka situs dengan extention .com]
2.Masukkan account gmail anda (boleh hanya nama atau lengkap nama.anda@gmail.com) masukkan password nya
Tips : jika computer yang anda pakai adalah milik pribadi maka anda bisa member tanda cek listuntuk menyimpan password anda secara otomatis,setiap kali kamu mebuka gmail, tidak perlu mengetikkan password.Tapi jika anda membuka email di tempat umum/warnet, jangan sekali-kali mencek tanda ini, karena orang lain bisa membuka email anda, karena browser menyimpan password anda.
3.Tekan tombol sign in.
Cara mengirim mail/surat
Setelah kamu masuk ke account gmail, kamu bisa mengirim mail surat ke teman/rekan kamu, caranya
1.Pada halaman email klik Compose mail di sebelah kiri atas, Masukkan alamat email tujuan kamu, jika lebih dari satu maka dapat dipisahkan dengan tanda , (koma). Contoh : kawan1@gmail.com , teman2@yahoo.co.id, boss@hotmail.com .
Tips : kamu bisa sekaligus mengirimkan cc (copy carbon) ke alamat email yang lain atau bcc (black copy carbon) [ bcc : penerima email utama tidak mengetahui bahwa anda mengirim email ke alamat yang di bcc]
2.Tulis subject judul mail anda, kemudian tulis pesan yang akan kamu sampaikan.
3.Jika kamu akan melampirkan file lainnya (seperti file gambar,docukumen lain) klik attach a file, dibawah kotak judul atas.
4.Setelah pesan dan lampiran selesai tekan tombol send. ( Tips : jika kamu belum selesai menulis, kamu bisa menyimpan dahulu sebelum terkirim : tekan save,maka mail kamu tersimpan di draft, dan bisa kamu edit kembali di lain waktu. jika kamu tidak jadi / salah menulis mail bisa kamu hapus , tekan discard)
5.Tunggu berapa saat, jika keluar pemberitahuan mail anda telah terkirim, berarti anda telah berhasil mengirimkan email. Bisa anda cek di bagian send
Cara membalas dan meneruskan mail yang anda terima
1.Lihat mail yang anda terima di inbox, klik mail tsb untuk membukanya,setelah anda baca, jika anda akan membalas maka ketik balas
2.Jika anda hanya ingin meneruskan mail tersebut ke teman anda ketik forward dan masukkan alamat email tujuan. Tips : jika email yang kamu terima ada lampiran (attachment) dan kamu ingin memforward email tanpa lampiran, kamu bisa menghilangkan tanda (V) checklist pada file attachment.
Contoh : Selamat Pagi/Dear/Yth.Bapak/Ibu
2. Pergunakan kalimat dengan jelas & singkat, jangan bertele-tele
Contoh : Mohon di baca kembali Kontrak Lead Time Pengiriman
dari Bogor s.d Soroako
3. Jangan menggunakan huruf BESAR di seluruh kalimat
Penggunaan huruf besar di seluruh kalimat menimbulkan persepsi, bahwa Anda sedang marah-marah
4. Jangan menggunakan tanda baca yang berlebihan
Contoh : Mohon bantu action segera!!!! jika ada permintaan request delivery
urgent dari kami ya pak,,, ? Penggunaan tanda baca berlebihan, menimbulkan persepsi yang negatif
5. Jangan menggunakan kalimat yang kurang lazim
Contoh : Jika pengiriman ini gatot, bisa jadi selanjutnya kt pake
expedisi eksternal ajah lho yo pak? Penggunaan kalimat / kata-kata yang kurang lazim, menunjukkan Anda kurang professional
6. Penggunaan warna huruf
Warna huruf sebaiknya berwarna gelap seperti : hitam dan biru tua
Pemilihan jenis huruf
Jenis huruf yang lazim digunakan di dunia professional, seperti : arial, arial narrow, trebuchet, callibri, dll
8. Dahulukan nama customer sebelum kolega internal pada kolom To atau Cc
9. Jika meminta bantuan, pergunakan kata-kata Mohon bantuannya
10. Bacalah benar-benar e-mail yang Anda terima
Bacalah benar-benar e-mail yang Anda terima, karena seringkali menimbulkan beragam persepsi
11. Ucapkan Terima kasih di akhir kalimat
Mailing List juga sering disebut dengan milis, yaitu fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik yang dilakukan sekelompok orang dengan menggunakan fasilitas e-mail (Pengelompokan alamat e-meil). Lebih jelasnya seperti ini: setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya.Pengelompokan alamat e-mail maksudnya apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima atau cukup diterima sekaligus (digest).
Pada setiap mailing list setidaknya mempunyai satu orang bertindak sebagai moderator mailing list. Jumlah moderator ini bisa juga lebih dari satu orang. Jika seorang ingin bergabung dengan sebuah mailing list maka dia cukup mengirim email. Moderator tugasnya yaitu untuk mengontrol masuknya anggota baru dan memilah jika dalam diskusi ada diskusi yang tidak nyambung atau cenderung merugikan group mailing list
contoh mailinglist yang cukup terkenal yaitu: mailing list yang berada di groups.yahoo.com.
link untuk mendownload di mediafire , disinidisini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar